Search This Blog

Saturday 29 May 2010

Did You Know ? #1

KENAPA KITA :
  • MENGUAP ?
  • KEDUTAN MATA ?
  • GATAL - GATAL ?
  • CEGUKAN ?
  • MENGGIGIL ?
  • MERINDING ?
  • BATUK ?
  • SALAH URAT ?
  • PERUT KERONCONGAN ?
  • LEDAKAN TELINGA ?
  • KRAM ?
  • BERSIN ?
  • KUPING BERDENGUNG ?
  • MATA BERKUNANG - KUNANG ? 
Untuk tahu jawabannya, simak yang berikut ini ya :)

  1. Kenapa Kita Menguap ?
Jika tubuh kita kekurangan Oksigen, mulut kita otomatis bakal terbuka lebar dan berusaha memasukkan Oksigen ke dalam tubuh. Menguap adalah cara untuk mengatur jumlah Karbondioksida dan Oksigen di dalam darah. Percuma kamu berusaha menahan dorongan untuk menguap. That's impossible :)
  
     2.  Kenapa Mata Kita Berkedut ?

Kedutan mata yang serius bisa jadi merupakan gejala gangguan syaraf. Namun pada umumnya kedutan mata hanyalah akibat stres, kurang tidur, mata tegang, atau terlalu lama menatap dan jarang berkedip. Atasi kedutan mata dengan menurunkan kadar stres, mengurangi kafein, dan tidur cukup.

     3.  Kenapa Kita Gatal - gatal ?

Menurut Dr. Eric Plasker, kulit kita gatal - gatal karena kekeringan akibat kondisi lingkungan / terlalu sering membersihkan kulit. Air dan sabun bisa mengikis minyak alami. Jika kulit terasa gatal, cepat olsekan pelembab. Krim wajah / krim badan bisa mengatasinya. Kendalikan pula kekeringan dengan menggunakan sabun yang mengandung bahan pelembab . Jika kulit kita masih menunjukkan ruam - ruam yang terasa gatal, mungkin sekali itu merupakan reaksi alergi terhadap zat kimia, tumbuhan, makanan, binatang / obat. Periksa ke dokter supaya bisa cepat teratasi.

     4.  Kenapa Kita Cegukan ?

Jika kita sering cegukan, perlambanlah ritme makan dan minum kita. Minum dan makan ngebut membuat perut kembung. Akibatnya diafragma terganggu, berkontraksi, lalu muncullah bunyi cegukan. Kita mungkin juga cegukan dalam situasi emosional / jika tubuh kita mengalami perubahan suhu mendadak.

     5.  Kenapa Kita Menggigil ?

Menggigil itu kedutan otot di sekujur tubuh. Ini terjadi jika suhu tubuh kita merosot terlalu drastis. Dengan menggigil, tubuh berusaha mengeluarkan panas. Satu - satunya cara meredakannya adalah dengan menghangatkan tubuh.

     6.  Kenapa Kita Merinding ?

Ketika tubuh kedinginan / kita takut setengah mati, pasti bulu kuduk kita tegak dan kita pun merinding. Bintik - bintik di sekitar bulu di tubuh kita itu terjadi ketika arrector pili ( otot kecil yang menghubungkan kantong rambut dengan kulit ) berkontraksi dan rambut yang semula terkulai pun menjadi tegak.

     7.  Kenapa Kita Batuk ?

Batuk tidak lain mekanisme yang digunakan tubuh untuk mengeluarkan benda asing. Ada sel - sel khusus di sepanjang saluran pernafasan yang mengenali benda asing pengganggu dan mendorongnya keluar. Flu biasa, infeksi sinus, dan radang paru - paru membuat tubuh memproduksi banyak sekali lendir. Lendir memicu batuk. Merokok dan asma juga cenderung menggangu sel. Guna meringankan batuk, olahragalah dengan teratur dan praktekkan postur tubuh yang baik agar rongga udara terus terbuka lebar.

     8.  Kenapa Kita Salah Urat ?

Kejang otot tiba - tiba yang sangat menyakitkan bisa diakibatkan beberapa hal, termasuk di antaranya dehidrasi / ketidakseimbangan elektrolit akibat olahraga keras. Setelah lari berjam - jam / olahraga keras, teguklah minuman olahraga agar sistem tubuh kita berjalan mulus. Jalanlah berputar - putar untuk meredakan salah urat.

      9.  Kenapa Perut Kita Keroncongan ?

Bersamaan dengan mengalirnya pencernaan, perut kita menimbulkan bebunyian. Bahasa ilmiah untuk perut keroncongan adalah  " borborygmi " / " stomach rumble " dalam bahasa Inggris. Perut setiap orang mengeluarkan bebunyian saat mencerna. Namun jika suara keroncongan di perut kita sangat heboh, 1 sendok teh minyak zaitun ( olive oil ) / herbal tea dengan jeruk limau bisa meredakannya.

     10.  Kenapa Telinga Kita Meledak ?

Tuba Eustachius di bagian dalam telinga bertanggung jawab mempertahankan tekanan seimbang pada kedua sisi gendang teling kita. Jika kita mengalami perubahan ketinggian yang sangat cepat ( misalnya saat pesawat lepas landas / naik lift di gedung yang sangat tinggi ), tuba Eustachius menjadi terbuka guna melepaskan tekanan dan kita pun bagai mendengar suara ledakan. Untuk membuka tuba Eustachius itu ( dan " meledakkan " telinga ), tekanlah cuping hidung sambil menghembuskan udara dengan kuat melalui hidung.

     11.  Kenapa Kita Kram ?

Jika anggota tubuh kita terus - menerus menerima tekanan ( misalnya ketika kita duduk di atas kaki atau menyandarkan kepala pada satu lengan, tekanan itu meremas jalan syaraf sehingga syaraf berebut mengirimkan pesan pada otak. Pesan yang campur - baur itu membuat kita kehilangan sensai pada bagian tubuh yang tertekan karena otak kesulitan menyampaikan apa yang harus dilakukan oleh tubuh. Guna menghindari kram, hindari duduk / tidur dengan posisi yang menekan syaraf.

     12.  Kenapa Kita Bersin ?

Bersin terjadi ketika tubuh kita berusaha mengeluarkan benda asing yang menggangu dari rongga hidung. Jika kita menderita alergi, serbuk / bulu hewan, biasanya mengakibatkan kita bersin - bersin. Jika kita flu, tubuh kita memproduksi lendir guna menangkap virus lalu bersin membantu mengeluarkannya dari tubuh.

     13.  Kenapa Kuping Kita Berdengung ?

Tinnitus / kuping berdengung bisa terjadi karena 2 hal. Jika kuping kita kemasukan air / kita menderita infeksi di bagian tengah telinga, kamu mungkin mendengar suara berdengung. Namun penyebab yang lebih umum adalah kerusakan ujung mikroskopik pada syaraf - syaraf pendengaran. Ini biasanya terjadi jika kita terpapar suara yang terlalu nyaring. Guna menghindari kerusakan permanen, gunakan penyumbat telinga saat menghadiri konser / acara olahraga serta menotong rumput.

     14.  Kenapa Mata Kita Berkunang - kunang ?

Jika kita berdiri terlalu cepat, niscaya kita menderita tiupan pada kepala / terserang migren. Mungkin sekali kita jadi berkunang - kunang karena tekanan darah naik ke berbagai bagian tubuh. Secara umum kunang - kunang itu akan hilang dalam hitungan detik. Jika tidak juga hilang, mungkin ada robekan kecil pada gumpalan darah beku di retina kita. Cepat periksakan diri ke dokter.

Diambil dari buku The 100 Year Lifestyle karangan Dr. Eric Plasker yang dikutip dari majalah Teen edisi 216 / tahun XVII / Minggu Keempat Mei 2010

No comments:

Post a Comment

Have some opinions?