Search This Blog

Wednesday 2 June 2010

Did You Know ? #2

  • ISLANDIA, KEPULAUAN PENUH MISTERI
  • DIMMU BORGIR ISLANDIA MENGHUBUNGKAN BUMI DENGAN NERAKA
  • NAMASKARD ISLANDIA, PINTU GERBANG NERAKA
  • GEYSER ISLANDIA PALING PANAS DI DUNIA
Ada apa ya kira - kira ? Check this out :) 

     1.  Islandia, Kepulauan Penuh Misteri
                                   Islandia artinya Tanah Es. Faktanya Islandia tidak seluruhnya tertutup oleh es. Negara kepulauan yang luasnya cuma 103.000 kilometer persegi -- tak selebar Pulau Jawa -- ini terdapat banyak pemandangan alam yang luar biasa indah. Pelancong bilang, Islandia itu kepulauan penuh misteri. Pemandangan alamnya membuat bulu tengkuk berdiri.
                                   Di sana ada hamparan padang rumput nan hijau, 10.000 air terjun, 800 sumber air panas, 11.500 kilometer persegi lapisan gletser, 67 danau dan 130 gunung berapi aktif. Sebagian gunung - gunung itu ada di bawah lapisan gletser. Gunung yang  meletus tanggal 22 Maret 2010 lalu itu ada di bawah lapisan gletser Eyjafjallajokull.
                                 Pada musim panas tanah Islandia sangat subur. Matahari bersinar sepanjang waktu. Jadi, di tengah malam hari kita bisa melihat matahari bersinar. Di malam musim dingin, yaitu bulan Maret, April, September, dan Oktober, kita bisa menyaksikan indahnya Aurora Borealis, yaitu pendaran sinar berwarna merah kehijauan dari ufuk utara. Oleh PBB, Islandia dinyatakan sebagai negara paling ramah di dunia. 99% tenaga listriknya menggunakan panas bumi yang didapat dari geyser dan gletser. Mobil - mobil di Islandia menggunakan bahan bakar hidrogen sehingga tidak ada polusi di sana.

          2.  Dimmu Borgir Islandia Menghubungkan Bumi dengan Neraka

    Dimmu Borgir artinya Benteng Gelap. Saking menakjubkannya tempat ini, nama Dimmu Borgir dicatut oleh band black metal asal Oslo, Norwegia. Terletak di sebelah timur danau Myvatn. Dimmu Borgirmerupakan cagar alam luar biasa luas yang dibentuk oleh lava. Formasi batuan itu hasil letusan gunung berapi 3.000 tahun lalu. Konon, tidak ada formasi batuan di dunia yang terlihat begitu angker seperti di Dimmu Borgir. Batu - batuan lava itu ada yang membentuk gua - gua yang memuntahkan debu sulfat. Ada batu berlubang seperti gua bolong. Ada banyak kolam lava. Ada juga lubang batu yang berisi lava yang sangat mera. Jadi kita bisa melihat kawah lava dengan mata telanjang.


         3.  Namaskard Islandia, Pintu Gerbang Neraka

                                       Namaskard adalah salah satu tempat yang juga merupakan keajaiban dunia. Padang luas yang terletak di sebelah utara danau Myvatn ini terkenal dengan sumber lumpur yang mengandung banyak belerang dan uap air yang mengandung fumarol. Di sana ada kawah lumpur raksasa yang bergolak tak henti. Lumpur panas tersebut berwarna - warni karena mengandung banyak mineral.
                                     Di Namaskard tidak ada sumber air bersih. Di sana juga tak ada tumbuh - tumbuhan. Tanah di sana steril. Jadi bakteri / virus tidak bisa hidup.
                                    Pelancong bilang, Namaskard seperti pintu gerbang neraka. Itu karena pemandangannya yang membuat bulu kuduk berdiri. Fenomena menakjubkan Namaskard itu efek dari pemandangan danau Myvatn dipadu dengan gelembung - gelembung turbulen yang menyembur di berbagai tempat serta hamparan kabut yang menggantung di langit luas. For Your Information, danau Myvatn adalah salah satu danau terbesar di Islandia dan di sana dihuni oleh berbagai macam spesies burung.


         4.  Geyser Islandia Paling Panas di Dunia

                    Islandia terletak di Lempeng Atlantik Tengah, perbatasan antara Lempeng Euroasia dan Amerika Utara. Itulah mengapa di Islandia banyak terdapat sumber uap air panas ( geyser ).
                      Di Deildartunguhver terdapat geyser paling panas di dunia. Panasnya mencapai 98 derajat Celcius dengan semburan sebanyak 180 kali / detik. Uap air panas itu digunakan untuk pembangkit listrik kota - kota di sekitarnya, seperti Borgarnes dan Akranes.
                      Di Grindavik terdapat sumber air panas buatan. Namanya Blue Lagoon. Energi panasnya didapat dari turbin - turbin yang digerakkan secara geothermal. Blue Lagoon merupakan spa yang paling diminati pelancong. Suhu airnya sekitar 39 derajat Celcius. Orang berendam di Blue Lagoon untuk terapi kesehatan, terutama untuk penyakit kulit. Karen air Blue Lagoon mengandung banyak mineral seperti silika dan belerang.

     Dikutip dari majalah Teen edisi 216 / tahun XVII / Minggu Keempat Mei 2010

    No comments:

    Post a Comment

    Have some opinions?